Daftar Chipset Terbaik untuk Smartphone 2021

Untuk pemakai handphone yang memerhatikan perform, penyeleksian SoC (Sistem on Chip) atau Chipset terbaik pasti jadi pemikiran khusus. Ditambah lagi, Chipset bukan hanya memengaruhi performa tetapi kekuatan beragam feature dalam handphone keseluruhannya.

Oleh karenanya, untuk menolong kamu saat menentukan handphone berperforma andal. Kami sudah membuat barisan referensi Chipset Terbaik di bawah ini.

Apple A15 Bionic

iPhone sebagai handphone terbatas garapan dari perusahaan raksasa Apple Inc. yang tiap tahunnya selalu memberi dobrakan baru. Selainnya memercayakan penampilan yang menawan, iPhone selalu datang dengan pengembangan dan kenaikan perform untuk tiap seri baru.

Perform tinggi untuk multitasking, ambil gambar sampai gaming yang iPhone datangkan tidak terlepas dari chipset yang terpasang didalamnya.

A15 Bionic ialah chipset baru berperforma tinggi yang tertancap di seri iPhone 13. Chipset ini dipasang Apple GPU (Graphics Processing Unit) baru dengan 5 execution unit, hingga bisa lewat cara berarti tingkatkan pemrosesan gambar lebih bagus dari versus awalnya.

 

Chipset flagship ini memakai arsitektur 5 nm dengan 15 miliar transistor. Disamping itu, A15 Bionic memakai 6 core pemrosesan, 2 core bekerja tinggi dan 4 core untuk pemrosesan irit daya. Sudah pasti, perform chipset ini akan tertaut cukup jauh dari perintisnya A14 Bionic.

2. Apple A14 Bionic

Saat Apple A15 Bionic sah launching pada september 2021, setahun awalnya angkatan Apple A14 telah datang memeriahkan pasar chipset premium punya iPhone. Oleh karenanya, Chipset ini dapat kamu dapatkan kesemua iPhone seri 12.

A 14 Bionic mempunyai arsitektur 5 nm dengan 11, 8 miliar transistor, dengan 6 (2+4) core sama dengan A15. Tetapi, untuk pemrosesan GPU, A14 cuman disokong 4 execution unit.

3. Snapdragon 888 dan 888+ (Plus)

Chipset terbaik Snapdragon ini ialah SoC pabrikasi dari Qualcomm yang umumnya dipasang sebagai dapur picu Android. Walau populer berperforma kencangnya, SoC ini telah banyak dipasang pada handphone premium dan gaming pada harga dapat dijangkau.

Secara detail, Snapdragon 888+ dan 888 banyak memiliki kemiripan. Tetapi, ketidaksamaan khusus dari ke-2 chipset ini berada pada AI Engine yang lebih bagus dan perform CPU yang bisa lebih cepat.

Ditambah lagi, kecepatan pemrosesan data dari 888+ memang alami kenaikan sekitaran 5% dari perintisnya yakni Snapdragon 888. Dan, untuk pemrosesan GPU, Snapdragon 888+ lebih bagus sekitaran 25% dari versus 888.

 

Sampai sekarang ini Android dengan Snapdragon 888+ cuman dipasang pada Xiaomi Mix 4. Tetapi, Chipset 888 telah banyak dipasang di beberapa merek Android misalnya:

 

4. Exynos 2100

Sebagai salah satunya pabrikasi handphone paling besar, Samsung sudah pasti berani meningkatkan Chipset sendiri sebagai simpatisan sebagian besar baris Android mereka. Oleh karenanya, semenjak 2011 sampai sekarang SoC Exynos sudah dipasang kesemua handphone flagship dari Samsung. SoC ini digadangkan jadi chipset terbaik ponsel samsung yang cuman ada di Handphone Flagships dari Samsung.

Pada kwartal pertama tahun 2021 lebih persisnya di bulan januari, samsung melaunching Exynos sebagai Chipset terkini mereka. Seterusnya, kehadiran SoC ini tawarkan perform yang lebih kuat dari perintisnya, Exynos 1080 yang cuman memiliki jarak beberapa waktu saja.

Ditambah lagi, Semua seri Samsung Galaxy S21 sebagai handphone dengan Chipset Exynos 2100.

5. Kirin 9000

Sebagai salah satunya pabrikasi handphone besar, Huawei ikut serta memeriahkan pasaran chipset memiliki tenaga. Kirin 9000 sebagai chipset dengan 15,3 Miliar transistor yang sanggup secara mudah melebihi Snapdragon 865+ dan A13 Bionic dari Apple.

Arsitektur chipset ini terbagi dalam 1×3.13 GHz dan 3×2.54 GHz cortex-A77, ditambahkan lagi 4×2.05 cortex-A55. Hal inilah yang membuat Kirin 9000 sanggup melebihi Snapdragon 865+ yang cuman mempunyai core khusus 3.09 MHz.

 

Sebagai usaha kenaikan perform dalam soal GPU, Kirin 9000 memakai ARM Mali-G78 MP24. Kartu grafis ini salah satunya yang terbaik, dengan memadukan lebih kurang 24 core.

6. A13 Bionic

Apple memang salah satunya pabrikasi chipset yang cukup pimpin perubahan chipset memiliki tenaga. Di saat Bionic A13 launching, Apple secara mudah melebihi efektivitas dan perform snapdragon 855 dan 855+. Dengan 8.5 miliar transistor yang dipasang, chipset ini lebih mekebut dan memiliki tenaga tapi irit daya.

Chipset ini mempunyai 6 core dengan 2 core pokok 2.66 dan 4 core untuk kerja yang lebih efektif. Walaupun populer sebagai salah satunya SoC irit daya, tetapi pada hal pemrosesan grafis A13 lebih bagus dari perintisnya A12 dan A11. Apple mengeklaim bionic A13 ini lebih irit 30% dari perintisnya.

Dengan bekal 6 core pokok dan quad core sebagai pemrosesan grafis, Bionic A13 sanggup jalankan lima triliun operasi dalam tiap detik.

Lihat Juga:

https://www.officegoods.co.id/
https://www.thefolio.co.id/
https://www.dayakobelco.co.id/
https://agenasuransijiwa.co.id/
https://hasiltani.id/
https://kemenaglangkat.id